BIAK: Bila Ingat Akan Kembali

Mungkin itulah sebabnya kenapa saya kembali lagi ke pulau ini untuk yang ketiga kalinya. Ya, BIAK: Bila Ingat Akan Kembali. Sebuah tagline yang terasa pas! Oh ya, bagi yang belum tahu Biak adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Teluk Cenderawasih sebelah utara pesisir Provinsi Papua. Akses menuju Biak dari Jayapura bisa ditempuh menggunakan jalur udara maupun laut. Berhubung cuti saya sangat terbatas, tiap kali ke Biak saya selalu menggunakan jalur udara yang memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam 5 menit (direct flight).

Ada apa aja sih di Biak?

Banyak sekali tempat wisata alam yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Biak. Daripada penasaran, yuk kita cek satu per satu!

1. Air Terjun Wafsarak
Walaupun ini kali ketiga saya pergi berlibur ke Biak, namun ini kali kedua saya mengunjungi Air Terjun Wafsarak. Air terjun Wafsarak biasa dikenal juga dengan air terjun Warsa karena lokasinya di Distrik Warsa, Biak Utara.

Air Terjun Wafsarak, Biak Air Terjun Warsa, Biak
Air Terjun Wafsarak, Biak

Beruntung saat datang ke tempat ini sangat sepi nggak ada pengunjung lain sama sekali. Jadinya asik banget buat ambil foto ataupun video. Gak bocorrr dan bisa berlama-lama! Hahahah πŸ˜€

Butuh waktu sekitar 1,5 jam dari pusat kota Biak untuk menuju ke Air Terjun Warsa ini. Soal retribusi masuknya murah banget! Hanya 10rb/orang!

2. Goa Kalibiru Mokmer (Warbekra)
Goa ini berada di Jalan Bosnik, Kecamatan Biak Kota. Sesuai namanya, goa ini menyuguhkan pemandangan air berwarna biru! Oh ya, lokasinya sangat mudah dicari karena letaknya tak jauh dari pinggir jalan. Untuk mencapai lokasi goa ini, kita hanya perlu menuruni beberapa anak tangga.

Goa Kali Biru, Biak Goa Kali Biru, Biak
Goa Kali Biru, Biak

Tips saat berkunjung ke tempat ini adalah jangan terlalu sore karena matahari akan terhalang oleh rimbunnya pepohonan di sekitar goa yang akan mempengaruhi birunya air.

3. Air Terjun Karmon
Air terjun ini terletak di Biak sebelah utara dan tidak terlalu jauh dari jalan utama. Kita hanya perlu berjalan kaki sekitar +/- 100m saja atau sekitar 10 menit. Air terjun Karmon tidak terlalu tinggi, tapi airnya sangat menyegarkan untuk sekadar bermain air ataupun mandi. Saat berkunjung ke Air Terjun Karmon saya ditemani oleh dua orang adik asli Biak yang tinggal di sekitar air terjun tersebut.

Air Terjun Karmon, Biak Air Terjun Karmon, Biak
Air Terjun Karmon, Biak

4. Pantai Anggopi
Pantai Anggopi menjadi pantai favorit saya di Biak. Pantai berpasir putih ini berlokasi di Kampung Anggopi, Distrik Orideki, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Pantai Anggopi Pantai Anggopi, Biak
Pantai Anggopi, Biak

Selain memiliki air laut jernih berwarna biru, di dekat Pantai Anggopi juga terdapat kolam air tawar. Kolam ini memiliki air yang jernih berwarna hijau kebiruan yang berasal dari mata air. Asik banget kan habis renang di pantai bisa langsung nyebur ke kolam ini? πŸ˜€

Kolam Air Tawar Pantai Anggopi Kolam Air Tawar Pantai Anggopi, Biak

5. Pantai Batu Picah
Pantai ini menjadi salah satu pantai populer di Biak. Pantai Batu Picah atau Pantai Batu Gong terletak di Biak Utara, sekitar 1 jam perjalanan dari Biak Kota. Di pantai ini, kita akan disuguhkan oleh gugusan karang yang dipahat secara alami oleh hantaman ombak.

Oh ya kita perlu berhati-hati karena karang di sekitar pantai ini tajam dan juga licin. Sangat disarankan untuk tidak membawa anak kecil dan bayi ketika mengunjungi Pantai Batu Picah ini.
Kalau beruntung, kita bisa melihat bagaimana ombak yang sangat luar biasa besar menyembur bertabrakan dengan karang dan batu, menyajikan atraksi yang tidak kita temukan di tempat lain.

6. Dermaga BMJ (Biak Mina Jaya)
Dermaga BMJ terletak di kampung Samau, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor. Hanya butuh waktu sekitar 10-15 menit dari pusat kota untuk menuju ke tempat ini. Dermaga ini menjadi salah satu tempat di Biak yang bisa dijadikan referensi untuk menikmati sunset. Pesona langit dan lautnya sangatlah indah saat menjelang sore hari.

Dermaga BMJ Biak Pelabuhan BMJ Biak
Sunset di Dermaga BMJ, Biak

Saat pertama kali berkunjung ke tempat ini untuk menikmati sunset, jujur aku langsung spechless! Ini menjadi salah satu sunset terbaik yang pernah aku lihat! Ahhhhh!

Sebenarnya ada beberapa tempat lainnya yang saya kunjungi ketika berlibur ke Biak, hanya saja saya lupa nama tempatnya. Tapi tenang, nanti kalo saya sudah ingat, saya bakalan update kok! Hehehe.

Jadi, kapan kalian liburan ke Biak? πŸ˜€

95
Keindahan Destinasi
80
Akses ke Lokasi
70
Fasilitas Publik
80
Kebersihan

Comments (22)
  1. Arung July 21, 2023, 7:07 pm

    Ah Biak dulu sempet jadi pintu masuk wisatawan lewat jalur belakang karena ada penerbangan dari US ke Bali yg singgah di sini. Kapan ya masa jaya itu kembali. Hehe. Tapi foto2nya keren sih! Salam kenal.

  2. Andra NPC August 21, 2023, 7:32 am

    Berharap suatu saat nanti bisa kesini. Bismillah..
    Papua sebenarnya banyak banget ya destinasinya, dan alamak indah sekali surga duniawinya.
    Namun kendala jarak dan tiket seringkali jadi permasalahan orang orang untuk berangkat kesana.

    • Natasya September 7, 2023, 4:45 am

      Iya kak aku jg baru tau hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *