Tempat Wisata Populer di Lombok yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tak kenal Lombok? Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai pilihan destinasi wisata yang mengagumkan, mulai dari pantai hingga pegunungan. Tak heran jika Lombok menjadi salah satu daerah wisata favorit di Indonesia hingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin berkunjung dan berlibur di sana.

Jatuh Cinta Dengan Lombok!

Ngomongin soal Lombok, saya sudah jatuh cinta dengan daerah wisata tersebut sejak kali pertama ke sana di tahun 2015 silam. Saat itu, saya memilih Gili Trawangan sebagai tempat tujuan untuk berlibur selepas dari Bali. “Mumpung dekat, murah dan ada teman di Lombok”, gumam saya dalam hati.

Selama di Gili Trawangan, saya hanya snorkeling dan berkeliling pulau dengan menggunakan sepeda yang sempat saya sewa. Sebagai kenang-kenangan, di hari terakhir saat snorkeling di sana saya sempat disengat oleh ubur-ubur. Panik?! Oh, tentu saja! Soalnya itu adalah kali pertama saya disengat oleh ubur-ubur, biasanya paling hanya disengat oleh lebah atau tawon doang! Hahahaha. Tapi syukur efeknya tidak sampai parah. Buktinya, saya tetap lanjut untuk bersnorkeling ria. Nggak ada kapok-kapoknya! Hahahaha. Selepas dari Gili Trawangan, saya sempat mampir sebentar di Pantai Senggigi hanya sekadar untuk menikmati seafood sambil minum es kelapa muda.

Akhir tahun 2016, saya kembali menginjakan kaki di Lombok, tapi tentunya dengan pilihan destinasi wisata yang berbeda. Saat itu giliran Gili Kondo, Gili Bidara, dan Bukit Merese yang saya kunjungi.

Berkunjung dan Berlibur di Lombok Tengah dan Lombok Timur!

Masih belum puas dengan wisata di sana, akhirnya pada bulan Januari kemarin saya kembali berkunjung dan berlibur ke Lombok, tepatnya di Lombok Tengah dan Lombok Timur. Tapi untuk kali ini, destinasi wisata yang akan saya bahas terlebih dahulu adalah Lombok Tengah. Next, di postingan berikutnya baru akan saya bahas destinasi wisata di daerah Lombok Timur. Kenapa? Ya, suka-suka saya lah! Hahaha. *Digebukin netizen* Intinya biar tidak kepanjangan aja bacanya. Kasihan, nanti pada capek dan bete. Hehehe.

Langsung aja, berikut berbagai tempat wisata di Lombok Tengah yang saya kunjungi selama di Lombok kemarin.

1. Pantai Tanjung Aan
Pantai yang berlokasi di Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini termasuk salah pantai favoritku. Pasir di pantai ini cenderung unik karena selain berwarna putih halus ada juga yang bentuknya bulat-bulat besar layaknya biji merica. Saat kesana, kondisinya sepi sekali jadi layaknya seperti private beach.

Pantai Tanjung Aan, Lombok
Pantai Tanjung Aan atau Pantai Merica

Banyak aktivitas yang dapat kita lakukan di Pantai Tanjung Aan, yakni berenang, berjemur, atau sekadar duduk santai menikmati keindahan pantai ini. Oh ya, pantai cantik ini juga menjadi spot foto yang instagramable! Soal tiket masuk, jangan khawatir! Tidak ada harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Aan alias gratis! Kita cukup bayar tarif parkir kendaraan saja, yakni Rp 5.000/motor atau Rp 10.000/mobil. Yeai!!

Pantai Pasir Putih Tanjung Aan Merica, Lombok

2. Bukit Merese
Bukit ini masih satu kawasan dengan Pantai Tanjung Aan. Bukit yang tidak terlalu tinggi ini menjadi salah satu spot yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Lombok. Dari atas bukit Merese, kita bisa melihat Pantai Tanjung Aan dan juga Batu Payung. Keduanya berada berdekatan, sehingga terlihat sangat menawan. Gulungan ombaknya pun tak terlalu besar dan berisik, sehingga suasananya terasa amat damai.

Bukit Merese, Lombok
Bukit Merese, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Di Bukit Merese, panorama sunrise atau sunset sangat memukau! Jadi, nggak heran kalau bukit ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan. Ah, rasanya ingin balik lagi ke bukit ini! Masih sama dengan Pantai Tanjung Aan, untuk berkunjung ke Bukit Merese kita sama sekali tidak dikenakan biaya tarif masuk alias gratis. Kita cukup bayar tarif parkir kendaraan saja, yakni Rp 5.000/motor atau Rp 10.000/mobil. Murraaaaah!

3. Pantai Mawun
Pantai Mawun tak kalah indah dibanding pantai-pantai lainnya yang ada di Lombok. Pantai dengan ciri khas bukit besar hijau yang berada mengapit bibir pantai ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Pantai ini bisa menjadi pilihan untuk melepas penat karena terasa tenang dan damai, apalagi saat saya kesana kondisi pantai ini sangat sepi dari para pengunjung. Ya, lagi-lagi seperti pantai milik pribadi. Hehehe.

Pantai Mawun, Lombok
Eksotisme Pantai Mawun, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Ombak di Pantai Mawun tidak terlalu besar, jadi sangat memungkinkan bagi kita untuk berenang di pantai ini. Tapi ingat, tetap selalu waspada ya! Untuk tarif masuk ke pantai ini dikenakan biaya Rp 5.000/motor atau Rp 10.000/mobil.

Pantai Mawun, Lombok, NTB Pantai Mawun, Lombok

4. Desa Sade
Desa ini berada di kawasan Lombok Tengah. Desa yang terkenal dengan rumah adat Suku Sasak ini masih sangat tradisional, jadi boleh dibilang masih terbebas dari arus modernisasi. Salah satu contohnya untuk membersihkan lantai rumah di Desa Sade masih menggunakan kotoran sapi/kerbau.

Saat saya tanya kenapa menggunakan kotoran sapi/kerbau, ternyata selain untuk menangkal debu yang menempel, kotoran sapi/kerbau juga memiliki daya rekat yang baik untuk mengikat lantai rumah mereka yang terbuat dari tanah agar tidak mudah retak. Woahh! Oh ya, saya sempat terheran-heran saat masuk ke salah satu rumah di Desa Sade tersebut. Saya sama sekali tidak mencium adanya bau tidak sedap yang ditimbulkan dari proses dilulut (dilulur) kotoran sapi/kerbau tadi. Hebat ya!

Desa Sade Pohon Cinta Desa Sade, Lombok

Di Desa Sade, kita juga bisa belajar menenun kain khas Lombok atau menumbuk kopi. Semuanya benar-benar dilakukan secara tradisional! Sayang, foto-foto selama berada di Desa Sade banyak disimpan di kamera satunya yang kebetulang lagi dibawa ke Jakarta. Nanti jika sudah ada akan saya update kembali fotonya ya! Hehehe.

Oh ya, desa Suku Sasak ini terletak tak jauh dari Bandara Internasional Lombok Praya, hanya sekitar 30 menit saja jika menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

5. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta hanya ada di Bali? Eits, Jangan salah! Selain Bali, ternyata Lombok juga memiliki pantai yang bernama Pantai Kuta. Pantai yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta ini memiliki pasir putih yang menawan dengan gradasi air lautnya yang berwarna biru. Di Pantai Kuta Lombok terdapat bukit yang bernama Mandalika yang menambah eksotisme pantai ini.

Kuta Mandalika, Lombok Pantai Kuta Lombok

Di sekitar pantai yang masih satu kawasan dengan proyek Sirkuit Mandalika (tempat perhelatan MotoGP di Indonesia) ini, terdapat berbagai pilihan tempat untuk bersantap, mulai dari warung-warung makanan dan minuman tradisional hingga kafe dan juga restoran. Fasilitas wisata lain seperti hotel/homestay, aneka toko suvenir, persewaan alat snorkeling dan selancar, toilet dan lahan parkir yang luas juga terdapat di sekitar Pantai Kuta Lombok ini. Tempat ibadah seperti masjid juga mudah ditemui disekitar pantai ini.

Nah, itulah destinasi wisata yang saya kunjungi selama berada di Lombok Tengah kemarin. Sangat indah dan menarik untuk dikunjungi kan? Semoga bisa menjadi referensi kalian ketika akan berkunjung dan berlibur ke Lombok ya! Tapi kalo boleh tahu nih, dari semua tempat wisata yang saya sebutkan diatas, mana tempat wisata yang paling menarik untuk kalian kunjungi? Boleh dong di share di kolom komentar! Hehe.

Salam sehat selalu!

92
Keindahan Destinasi
75
Akses ke Lokasi
80
Fasilitas Publik
80
Kebersihan

Comments (33)
  1. Ikrom August 12, 2021, 1:20 am

    huwaa bagus banget klo Lombok
    ini kayaknya yang dipakai shooting Puteri Indonesia
    jaman jaman Sonia sama Vania
    bukitnya keren banget
    semoga cepet kelar ini corona
    aku cuma pernah ke Pantai sengigi sama aikmel aja

    apalagi habis ini mau ada MotoGP di sana
    makin keren lombok emang

    • Hans August 12, 2021, 1:22 pm

      Wah, iya ya? Saya malah baru tahu sih.
      Tapi kalo bener ya emang gak salah karena bagus banget emang tempatnya.
      Aku pernah sekali ke pantai Senggigi waktu pertama kali ke Lombok.
      Disana makan kelapa muda sama ikan bakarnya.

      Kalo Aikmel saya malah baru denger.
      Pengen Googling kayak apa bentuknya 😀

      Iya bener nih, tapi gak tahu juga apakah pas MotoGP nanti boleh ada penonton atau tidak,

  2. Andrie Blogger August 12, 2021, 1:23 am

    Ke lombok emang kalau soal pariwisatanya emang keren-keren banget, apalagi pantainya bisa sekaligus menikmati pemandangan gunung yang ada didekatnya. Jarang-jarang banget, wah semoga pandemi bisa cepet selesai, jadi pengen ke Lombok juga hhu

  3. Radhika dwi aditya August 12, 2021, 1:33 am

    Keren banget pantainya mas, air nya jernih banget.. dilombok emang gada ppkm mas.?

    • Hans August 12, 2021, 12:46 pm

      Iya mas, air lautnya emang jernih banget.
      Serasa pengen nyebur, hehehe 😀

      Waktu awal Januari kesana, entah namanya PPKM atau bukan, tapi dibatasi jam aktivitas sampai jam 9 malem.
      Cuma tetep aja sih, katanya gak berlaku karena masih banyak warga yang masih beraktivitas diatas jam tersebut.

  4. Jaey Borneo August 12, 2021, 2:38 am

    Asiiik ada bule bikini tapi endut hahaha 🙏
    Ada sapi juga di bukit merese, cantik2 semua pemandangannya termasuk rumah2 dari atap alang2 ya itu.

    Hihi dapat kenang2an disengat ubur2 👍👍

    • Hans August 12, 2021, 12:49 pm

      Bulenya cuma itu aja sih waktu itu karena emang bener2 sepi sekali.
      Ya maklum juga sih, saat kesana emang lagi masa pandemi.

      Selain kenangan indah, ternyata ada kenangan pahitnya juga karena disengat ubur2. Hahaha.

  5. duniamasak August 12, 2021, 3:40 am

    indah banget pemandangan di Bukit Merese, jadi wish list aku nih 😀

    • Hans August 12, 2021, 12:51 pm

      Iya, emang indah banget pemandangannya.
      Pertama kali kesana sorean dikit, sempat nikmatin sunset.
      Bagus banget!

      Semoga wishlistnya segera terpenuhi ya kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *